Ini Akses Menuju The Lost World Castle Yogyakarta

By | November 7, 2018

The Lost World Castle merupakan salah satu objek wisata yang tergolong baru di wilayah Jogjakarta. Objek wisata ini berbentuk kastil yang jika diperhatikan lebih detail mirip dengan Benteng Takeshi. Oleh karena itu pula objek wisata ini dikenal oleh masyarakat.

The Lost World Castle berdiri di tanah seluas 1.3 hektar di desa Kepuharjo. Desa Kepuhaharjo merupakan salah satu desa yang paling parah terdampak erupsi Merapi di tahun 2006. Oleh karena itu pula pengelola memberi nama The Lost World Castle yang artinya kastil di area yang “hilang” akibat letusan Gunung Merapi.

The Lost World Castle

The Lost World Castle

Mengenai keunikan bentuk bangunan ini, pengelola sempat menjelaskan bahwa bentuk bangunan ini terinspirasi dari Benteng Takeshi dalam reality show Jepang sekaligus tembok besar Cina. Dalam proses pembangunannya, material yang dipakai merupakan material alami dari sisa erupsi Gunung Merapi.

Sampai saat ini, objek wisata ini masih terus mengalami pembangunan.. Karena masih banyak lahan kosong yang tersedia. Namun dengan segala kemegahan bangunan yang ada, objek wisata ini ternyata masih menghadapi beberapa masalah khususnya perijinan. Mengingat objek wisata ini didirikan di atas kawasan rawan bencana, sehingga pihak pemerintah daerah masih meninjau ulang objek wisata ini.

Akses Menuju The Lost World Castle

Akses menuju The Lost World Castle cukup mudah. Objek wisata ini terletak di desa Kepuhharjo, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Lokasi ini terletak persis di lereng Gunung Merapi sekaligus termasuk ke dalam kawasan rawan bencana atau zona merah.

Untuk sampai ke sini pengunjung bisa mengambil arah menuju Gunung Merapi lewat Jalan Kaliurang jika dari arah pusat kota Jogja. Kemudian dari Jalan Kaliurang ikuti petunjuk menuju Kaliadem. Dari Kaliadem pengunjung mengambil jalur ke Kopi Merapi. Lanjutkan perjalanan kearah Timur hingga sampai ke gapura yang bertuliskan The Lost World Castle. Dari gapura tersebut, masuk lagi ke arah dalam hingga sampai ke titik lokasi The Lost World Castle.

Harga Tiket Masuk The Lost World Castle

Harga tiket masuk The Lost World Castle senilai Rp. 60.000 per orang. Harga ini belum termasuk biaya retribusi dan parkir. Untuk biaya retribusi dikenakan Rp. 6.000 per orang sedangkan biaya parkir tergantung dari jenis kendaraan yang di bawa pengunjung.

Pada saat pembukaan objek wisata ini sempat memberikan diskon harga tiket buat para pengunjungnya. Diskon yang diberikannya pun cukup besar yaitu sampai 75%. Sehingga saat itu pengunjung cukup membayar Rp. 15.000 per orang untuk dapat menikmati objek wisata ini.

Selain menawarkan pemandangan yang indah serta keunikan bangunannya di lokasi ini juga menawarkan penginapan. Penginapan ini biasanya digunakan oleh pengunjung yang kemalaman atau pengunjung yang ingin menikmati kastil di pagi hari. Biaya penginapan berkisar Rp. 50.000 per malam.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan Di The Lost World Castle

Aktifitas yang bisa dilakukan di The Lost World Castle beragam selain bisa berfoto di kastil ini kita juga bisa menambah wawasan kita mengenai terbentuknya kastil ini. Di tempat ini terdapat beberapa spot foto favorit diantaranya adalah spot foto berlatar sayap besar ataupun bentuk tangga yang menjulang ke atas dengan gapura di ujungnya (paradise gate). Jika kabut turun, hasil foto dari dua spot ini akan semakin indah.

Selain itu, di lokasi ini juga disediakan beberapa lukisan 3D yang bisa dijadikan spot untuk berfoto. Objek wisata ini belum sepenuhnya jadi, kedepannya pihak pengelola akan membuat waterboom, restoran juga museum edukasi mengenai erupsi Merapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *