Berwisata ke Goa Jepang Kaliurang Sekaligus ke Air Terjun

By | November 5, 2018

Goa Jepang Kaliurang merupakan salah satu tempat peninggalan sejarah yang ada di Jogjakarta. Goa ini adalah goa buatan yang dibuat oleh tentara Jepang sekitar tahun 1942 – 1945. Dulunya goa ini berfungsi sebagai tempat berlindung tentara Jepang dari sekutu pada waktu itu.

Goa Jepang ini terletak di bukit Plawangan. Goa ini terdiri dari 25 goa buatan lainnya yang saling terhubung. Letaknya yang di atas bukit membuat perjalanan menyusuri goa ini pun cukup melelahkan. Sebelum memulai perjalanan ada baiknya pengunjung menyiapkan minuman untuk menyegarkan dahaga akibat kelelahan berjalan.

Karena goa ini terletak diatas bukit dekat dengan Gunung Merapi maka tak ayal pemandangan disekitar goa ini pun begitu indah. Pohon yang rindang, udara yang dingin, suasana yang tenang tentu menjadi obat penawar bagi yang telah lelah bekerja.

Akses Menuju Goa Jepang Kaliurang

Akses menuju Goa Jepang Kaliurang ini cukup mudah karena letaknya masih jadi satu dalam kawasan wisata Kaliurang. Kawasan wisata Kaliurang sendiri jaraknya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Jogjakarta. Kawasan wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi selama satu jam perjalanan.

Untuk sampai ke Goa Jepang Kaliurang pengunjung harus menuju ke tempat wisata Nirmolo. Dari pintu masuk Nirmolo itu pengunjung harus berjalan kaki di jalan setapak selama kurang lebih 30 menit untuk sampai di depan Goa Jepang ini. Setelah sampai di mulut Goa saatnya melakukan perjalanan menyusuri setiap bagian yang ada di dalam Goa Jepang ini. Mengingat ada 25 Goa buatan yang saling terhubung ada baiknya pengunjung menyiapkan minuman agar tidak kelelahan.

Harga Tiket Masuk Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang Kaliurang

Goa Jepang Kaliurang

Harga tiket masuk Goa Jepang Kaliurang cukup murah yaitu Rp. 8.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir selama kunjungan. Harga tiket yang cukup murah itu tidak sebanding dengan pengalaman menjelajah goa dan sejarah yang bisa pengunjung dapatkan.

Dikarenakan letaknya yang berada dalam kawasan wisata Kaliurang. Maka jika sudah selesai menjelajah goa, pengunjung bisa langsung melanjutkan liburannya ke objek wisata lain yang ada di Kaliurang. Inilah yang dinamakan efektif dan efisien dalam berlibur. Tak perlu jauh-jauh pergi jika dalam satu kawasan ada beragam objek wisata.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan Di Goa Jepang Kaliurang

Aktifitas yang bisa dilakukan di Goa Jepang Kaliurang adalah tracking menjelajahi isi goa. Pada dasarnya wisata jelajah goa ini adalah wisata jalan santai atau tracking karena sebelum sampai di mulut goa pun pengunjung harus melewati jalan setapak dulu selama 30 menit. Posisi goa yang ada di bukit Plawangan membuat jalur tracking menjadi menanjak, ada beberapa kali pengunjung harus melalui tangga.

Sesampainya di mulut goa, masih ada jalur lain di dalam goa yang harus pengunjung telusuri. Namun bedanya selama di dalam goa ini akan ada penjaga goa yang akan menjelaskan sejarah dan cerita yang berhubungan dengan Goa Jepang ini. Setelah lelah menjelajah goa pengunjung bisa beristirahat sejenak sambil bermain ayunan. Selain itu jika pengunjung memiliki makanan maka bisa pula memberikan makan kepada monyet-monyet yang ada disekitar goa tersebut. Monyet-monyet ini memang dilepasliarkan di sekitar Goa Jepang ini. Habitatnya yang hidup diantara pepohonan membuat monyet-monyet ini bisa hidup bebas. Selain itu monyet-monyet ini pun telah terbiasa melihat manusia sehingga tidak perlu takut jika berhadapan dengan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *