Ada Apa di Museum Ullen Sentalu?

By | November 2, 2018

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu museum terbaik yang dimiliki Indonesia.  Museum ini berisi berbagai macam koleksi budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram. Museum ini terletak di lereng Gunung Merapi. Berada diketinggian 900 meter dari permukaan laut, museum ini juga menawarkan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk. Rasa tenang dan damai akan langsung terasa begitu pengunjung sampai di museum ini.

Buat kalian pecinta fotografi, bangunan museum ini sangat cocok dijadikan objek dari lensa kamera kalian. Bangunan museum ini didirikan pada garis imajinier yang menghubungkan antara Keraton Jogja, Gunung Merapi dan Laut Selatan. Bangunan unik yang kental akan filosofi budaya Jawa dan dikelilingi rimbunan pepohonan semakin menambah kesan dramatikal pada sebuah foto. Namun yang patut diingat pengambilan foto ataupun video hanya boleh diluar museum saja.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Sebagai salah satu museum terbaik yang ada di Indonesia, pelayanan museum ini pun bisa dibilang maksimal. Untuk setiap rombongan pengunjung yang datang akan didampingi oleh satu orang pemandu museum yang bertugas menjelaskan secara detail berbagai macam koleksi museum. Pemandu-pemandu ini pun secara fasih bisa menjelaskan setip isi dari museum ini dengan menggunakan bahasa inggris.

Akses Menuju Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong, Kaliurang. Akses menuju Museum Ullen Sentalu cukup mudah karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Jogja. Hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk sampai di museum ini. Dari kota Jogja cukup mengambil ke arah jalan Kaliurang.

Museum ini terletak masih satu kawasan wisata Kaliurang. Sehingga bagi wisatawan yang ingin berlibur di sekitar Kaliurang alangkah baiknya mampir juga ke museum Ullen Sentalu ini.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu ini masih relatif terjangkau. Untuk wisatawan lokal dikenakan biaya Rp. 30.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp. 50.000 per orang. Harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir.

Museum ini dibuka setiap hari Senin- Jumat dari pkl. 08.30 – 16.00 WIB. Dikarenakan hanya hari kerja saja dibukanya maka pengunjung museum pun tidak seramai pengunjung objek wisata lainnya. Namun hal itu tidak menjadikannya tidak dikenal masyarakat. Koleksi – koleksi yang ada di museum ini merupakan barang otentik peninggalan Kerajaan Mataram. Sehingga pengunjung yang datang pun sedikit banyak telah mengetahui cerita mengenai museum ini.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan Di Museum Ullen Sentalu

Tak dipungkiri lagi aktifitas yang bisa dilakukan di Museum Ullen Sentalu ini sama seperti museum lainnya yaitu menikmati setiap koleksi yang disajikan oleh pihak museum. Yang membedakan tentunya adalah koleksi dari museum tersebut. Bagi wisatawan pecinta sejarah dan budaya Jawa tentu museum ini merupakan harta karun yang tak bernilai harganya.  Museum ini terdiri dari beberapa ruangan, setiap ruangan menyimpan koleksi yang berbeda. Ruangan pertama yang kita masuki merupakan ruang seni dan gamelan.

Konon katanya setiap Sultan harus mampu menciptakan sebuah karya seni. Selanjutnya ada ruang yang berisikan lukisan-lukisan atau yang biasa disebut ruang Guwo Selo Giri. Lukisan yang ada di Guwo Selo Giri ini dibuat dengan teknik tiga dimensi di bagian matanya. Sehingga pengunjung akan merasa terus diawasi oleh lukisan-lukisan tersebut.  Kemudian ada Kampung Kambang yang terdiri dari 5 ruangan yang berisikan koleksi batik dan syair. Dan yang terakhir adalah ruang Sasana Sekar Buwana dan koridor Letja Randa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *